Membuat Tabel di Google Docs


Artikel ini membahas cara membuat tabel di Google Docs, memilih ukuran tabel yang tepat, mengedit tabel, dan cara menghapus tabel di Google Docs. Petunjuk ini berfungsi pada sistem operasi apa pun yang dapat menjalankan web browser seperti Chrome, Edge, Firefox, dll

Cara Membuat Tabel di Google Docs

Google Docs mungkin bukan opsi pertama Anda untuk membuat tabel karena ada Google Sheets yang menjadi pilihan karena lebih muda untuk mengolah data. Tetapi membuat tabel di Google Docs itu mudah dengan menu Insert. Tabel sederhana dapat ditambahkan ke Google Doc menggunakan alat Table.

  1. Buka menu Insert dan pilih Table
  2. Gerakkan mouse Anda ke jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan pada tabel. Batasannya 1×1 hingga 20×20. Anda dapat mengubahnya nanti, jadi tidak masalah untuk memilih nomor acak jika Anda tidak yakin.

3. Pilih kotak yang mewakili penyiapan tabel itu untuk langsung menambahkannya ke dokumen.

Cara Mengedit Tabel di Google Docs

Anda dapat melakukan beberapa hal pada kolom dan baris, seperti menambah dan menghapusnya, mengubah ukuran, dan menyesuaikan perataan teks di dalamnya. Anda juga dapat mengubah ukuran dan warna batas tabel dan memilih warna background untuk setiap sel.

Tambahkan Kolom dan Baris

Jika Anda pertama kali membuat tabel, kemungkinan besar Anda perlu menyesuaikan berapa banyak baris dan kolom yang akan dibuat. Begini caranya:
  1. Klik kanan sel di samping baris atau kolom yang ingin Anda tambahkan. Dalam contoh, kami akan memilih sel di baris bawah karena kami menambahkan baris keempat
  2. Pilih opsi sisipkan yang paling sesuai: Insert row aboveInsert row belowInsert column left, atau Insert column right.



3. Baris atau kolom langsung ditambahkan ke tabel.

Hapus Kolom dan Baris

Menghapus baris atau kolom di tabel Google Docs sama mudahnya:

  1. Klik kanan sel yang ada di baris atau kolom yang Anda hapus.
  2. Pilih Delete row atau Delete column


3. Anda akan melihat perubahannya.

Pilih Opsi Tabel

Dalam banyak hal, semua yang Anda lakukan di dalam sel bekerja dengan cara yang sama seperti di luar sel. Anda dapat meratakan teks, menambahkan efek tebal, mengubah ukuran dan warna teks, menambahkan link, menyisipkan gambar, dll.

  1. Klik kanan sel mana pun di tabel dan pilih Table properties.
  2. Pilihan Anda meliputi:
  • Table border: Ini adalah garis yang mengelilingi setiap sel. Anda bisa mengatur warna dan ketebalan garis.
  • Cell background color: Ubah warna di belakang teks dalam sel yang Anda pilih saat Anda membuka properti tabel.
  • Cell vertical alignment: Buat teks di dalam sel yang dipilih berada di bagian atas, tengah, atau bawah sel.
  • Dimensions: Ubah lebar, tinggi, dan bantalan sel (spasi di sekitar teks) pada kolom atau baris yang dipilih saat ini.
  • Table alignment: Posisi tabel pada halaman: kiri, tengah, atau kanan.



3. Pilih OK untuk menyimpan dan kembali ke dokumen.

Cara Lain Edit Tabel

Anda dapat membuat perubahan cepat ke tabel dengan menyeret batas kolom dan baris. Cara ini tidak seakurat menggunakan properti tabel karena Anda tidak dapat memilih ukuran yang tepat, tetapi sangat ideal ketika perubahan yang perlu Anda buat didasarkan pada apa yang Anda lihat, seperti jika kolom perlu memberi ruang untuk grafik.

Opsi format tabel Google Dokumen tambahan muncul di menu bagian atas dokumen saat Anda memilih tabel. Misalnya, pilih batas sel (atau dengan menahan Ctrl atau Command), dan Anda akan mendapatkan opsi untuk mengubah warna border, lebar, dan garis putus-putus.


Menggabungkan sel adalah hal lain yang didukung tabel Google, dan sangat mudah dilakukan: highlight sel yang ingin Anda gabungkan, klik kanan, dan pilih Merge cells. Berikut cara membuat lebih dari satu baris di satu sel atau memiliki judul kolom yang menjangkau beberapa baris


Masalah pada tabel yang sering terjadi adalah memaksa kolom dan baris memiliki ukuran yang sama. Daripada menyeretnya untuk melihat tampilan terbaik, Anda dapat mengklik kanan tabel dan memilih Distribute rows atau Distribute columns.

Cara Menghapus Tabel di Google Docs

Menghapus seluruh tabel dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Klik kanan sel mana pun di tabel dan pilih Delete table.


2. Atau: Klik dan seret dari satu sudut tabel ke sudut yang berlawanan, seperti dari kiri atas ke kanan bawah. Ini akan meng-highlight semua sel sehingga Anda dapat menekan Delete pada keyboard untuk menghapus semuanya.


Ingatlah jika tidak memilih setiap sel, Anda hanya akan menghapus konten atau isi sel, bukan sel itu sendiri.

0 Komentar